11 November 2009

Taliban Makin Berkuasa di Afghanistan

Taliban Afghanistan makin memperluas daerah kekuasaannya. Mereka berhasil menguasai provinsi Nuristan yang diklaim berhasil direbut dari kekuasaan pasukan AS.

Stasiun televisi Al-Jazeera mendapatkan rekaman video eksklusif yang memperlihatkan para pejuang Taliban di distrik Kamdesh. Di wilayah ini, para pemimpin Taliban memiliki orang-orang yang ditunjuk sebagai pejabat pemerintahan lokal dan membuka kembali sekolah-sekolah. Di bagian lain rekaman video tersebut, para pejuang Taliban terlihat mengacung-acungkan senjata yang nampaknya senjata milik pasukan AS.

Mereka mengatakan, merampas senjata-senjata itu dari dua pos militer di sebelah timur Nuristan, yang ditinggalkan oleh pasukan AS. Namun juru bicara pasukan NATO, Angela Eggman mengatakan pihaknya belum tahu darimana rekaman video itu berasal dan kapan senjata-senjata itu dirampas.

"Sebelum meninggalkan basis mereka, semua unit memastikan benda-benda yang sensitif tidak tertinggal," kata Eggman

Pernyataan jubir NATO itu berbeda dengan pernyataan kepala polisi provinsi Nuristan, Jenderal Mohammad Qassim Jangulbagh yang mengatakan bahwa tentara-tentara Amerika meninggalkan senjata dan amunisinya di pos tersebut dan sekarang senjata serta amunisi itu berada di tangan para militan Taliban.

Sementara itu Pentagon mengakui telah menutup pos-pos tentaranya di daerah pedalaman dan kebijakan itu bagian dari strategi Komandan pasukan NATO dan pasukan AS di Afghanistan, Jenderal McChrystal untuk lebih memfokuskan pasukannya di tempat-tempat yang padat penduduk.

Sementara itu di Washington, Presiden AS Barack Obama akan menggelar pertemuan dengan para penasehat militer dan keamanan nasionalnya untuk membahas rencana pengiriman pasukan tambahan ke Afghanistan. Pada saat yang sama, tersebar berita bahwa Obama sudah menyetujui pengiriman ribuan pasukan tambahan ke Afghanistan. Gedung Putih membantah laporan itu dan mengatakan bahwa Obama belum memutuskan apapun. (ln/aljz)

-------------------------
sumber : eramuslim

Comments :

0 komentar to “Taliban Makin Berkuasa di Afghanistan”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by BLOG MAS CAHYO

HEAD LINE NEWS BLOG MAS CAHYO | HOME FIKIH HADIS AL-QURAN FATWA OASE ISLAM DOWNLOAD TUTORIAL