15 Februari 2010

Pasukan NATO Kewalahan oleh Bom-Bom Buatan Taliban

Bom-bom buatan Taliban membuat pasukan NATO harus ekstra hati-hati dalam menjalankan operasinya ke basis-basis Taliban. Para pejabat militer asing di Afghanistan mengakui bahwa bom-bom rakitan Taliban berhasil menghambat Operasi Moshtarak yang sedang mereka lakukan.

NATO sudah tiga hari ini menggelar operasi besar-besaran di provinsi Helmand untuk memberangus basis-basis Taliban di provinsi itu. Namun militan Taliban tak kalah cerdik mengantisipasi operasi militer itu, mereka membuat bom-bom sendiri yang ditanam di dalam tanah di dekat basis-basis mereka.

NATO mengklaim berhasil memukul mundur pasukan Taliban di sejumlah kawasan di provinsi itu dan militan Taliban kini bertahan di wilayah Marjah. Meski dalam operasi militer hari Minggu kemarin, pasukan NATO lagi-lagi melakukan kesalahan fatal menembakan roket-roketnya ke kawasan pemukiman sipil sehingga menewaskan 12 warga tak berdosa.

Intelejen-intelejen NATO mengatakan, operasi perburuan yang dilakukan pasukan NATO untuk sementara bisa menghentikan perlawanan Taliban. Tapi ia mengingatkan bahwa dalam masa itu, Taliban sedang memantau situasi apakah pasukan NATO dan pasukan Afghanistan akan meninggalkan Helmand atau tetap bertahan di provinsi itu.

Pasukan NATO yang terdiri dari pasukan marinir AS dan pasukan Inggris kini sedang berusaha membersihkan Marjah dan distrik Nad Ali dari militan Taliban. Namun gerakan mereka terhambat oleh ranjau darat dan bom-bom yang ditanah pasukan Taliban di kawasan itu, yang jumlahnya diduga mencapai ribuan.

Pasukan NATO mengaku mendapat informasi dari warga lokal tentang perangkap "bom" yang disebar Taliban dan mengklaim bahwa warga setempat berpihak pada pasukan asing dan pemerintahan Afghanistan, bukan pada kelompok Taliban.

Namun pasukan NATO nampaknya cukup kewalahan dengan informasi tersebut. Sejumlah pejabat NATO mengatakan, pembersihan ranjau darat dan bom-bom yang dipasang Taliban kemungkinan akan waktu berminggu-minggu. "Butuh sekitar 30 hari untuk mengamankan kawasan dari perangkap yang dipasang Taliban," kata Komandan Marinir AS, Brigadir Jenderal Larry Nicholson. (ln/bbc)

===========
sumber : eramuslim


Comments :

0 komentar to “Pasukan NATO Kewalahan oleh Bom-Bom Buatan Taliban”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by BLOG MAS CAHYO

HEAD LINE NEWS BLOG MAS CAHYO | HOME FIKIH HADIS AL-QURAN FATWA OASE ISLAM DOWNLOAD TUTORIAL